Kramat Empang Bogor

Al-Habib Abdullah Bin Muhsin Al-Atthas

 

Al Habib Abdullah bin Muhsin bin Muhammad bin Muhsin  bin Husin Al-Atthas  dilahirkan di desa Kasri daerah Hurah, Hadramaut, pada hari Selasa 20 Jumadil Awwal tahun 1265 H. bertepatan dengan tahun 1849 M. Dikalangan awam lebih mengenal dengan sebutan Habib Kramat Empang.

Beliau berguru kepada :

  1. Syaikh Umar bin Faraj bin Sabbah,
  2. Al-Habib Abubakar bin Abdullah Al-Atthas,
  3. Al-Habib Sholeh bin Abdullah Al-Atthas, di desa Ammad, Hadramaut,
  4. Al-Habib Ahmad bin Muhammad Alhabsyi,
  5. Al-Habib Abdullah bin Alwi Alaydrus, di desa Burdi, Hadramaut, disini ia bermukim cukup lama untuk menuntut ilmu dan membaca beberapa kitab diantaranya  kitab yang dikarang oleh Habib Ahmad  bin Zain Alhabsyi,
  6. Al-Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdor,
  7. Al-Habib Ahmad bin Abdillah Albar,
  8. Syekh Abdullah bin Ahmad Baswedan, di Karbah, Hadramaut, ia juga bermukim disini.

Pada tahun 1284 pergi melaksanakan Haji di Mekah , setelah menunaikan ibadah Haji  tidak pulang ketempat tinggalnya Kasri, Hadramaut tapi langsung menuju Pulau Jawa, Indonesia menuntut ilmu kepada Habib Ahmad bin Muhammad bin Hamzah Al-Atthas, di Pekojan, Azzawiyah. Setelah beberapa lama menuntut ilmu kemudian ia pergi menuju Pekalongan,Jawa Tengah. Setelah itu iapun menetap di Empang, Bogor.

Al-Habib Abdullah mengadakan pengajian/majelis ta’lim  dirumah kemudian di Masjid  yang didirikannya dekat rumahnya yang diberi nama  Masjid An-Nur. Muridnya banyak sekali, diantaranya adalah :

  1. Al-Habib Alwi bin Muhammad bin Thahir Al-Haddad, Bogor,
  2. Syekh Abdullah bin Muhammad Arfan Baraja’, yaitu sewaktu berkunjung ke Indonesia, dimana ia mencatat banyak nasehat-nasehat  dari habib Abdullah, kemudian kembali ke Tarim, Hadramaut dan wafat disana,
  3. Al-Habib Abdullah wafat di Empang, Bogor pada hari selasa tanggal  29 Zulhijjah 1351 Hijriyah  bertepatan masuknya dzohor bertepatan akhir tahun, dimakamkan hari Rabu tanggal 1 Muharam 1352 H. 

Sumber: himpunan-aidid.org